Senin, 05 Maret 2012

Perbandingan antar Email, Social Network, dan Instant Messenger


Perbandingan Email: Gmail Vs Yahoo
1. Tampilan Gmail lebih sederhana dibandingkan Yahoo, tetapi bagi saya pribadi tampilan Yahoo lebih cantik, terutama versi barunya. Meski demikian tema Gmail dapat diganti-ganti sehingga dapat menutupi kekurangannya.
2. Pengiriman email lewat Yahoo terkadang gagal dibandingkan lewat Gmail, ini menjadi kelebihan tersendiri untuk Gmail.
3. Daya tampung Gmail lebih banyak dibandingkan Yahoo, hal ini  mempermudah user yang sering mengirimkan dan menyimpan data di akun emailnya.
4. Di Gmail user dapat menyimpan file dokumen, semacam brankas online, sedangkan di Yahoo tidak.
5. Yahoo lebih mudah untuk sign-up dibandingkan Gmail. Gmail harus menyertakan nomor telepon yang dapat dikirimi SMS konfirmasi.
6. Untuk saat ini Yahoo masih lebih banyak peminatnya karena kemudahannya untuk sign-up.

Perbandingan Social Network: Facebook Vs Twitter
1. Facebook lebih banyak pilihan kegiatan yang dapat dilakukan, seperti bermain games, update status, membuat album foto, chat, dan sebagainya. Sedangkan Twitter hanya berfokus pada microblogging dengan batas 140 karakter.
2. Akan tetapi, karena penulisan terbatas 140 karakter itulah maka penggunaan twitter lebih fungsional karena tidak bertele-tele. Di Facebook seringkali terdapat status atau pesan yang panjang yang perlu mengklik lebih jauh untuk dapat melihatnya.
3. Twitter lebih memberikan privasi bagi user-nya, dengan tidak menampilkan profil secara rinci. Sedangkan Facebook merinci profil user-nya. Meskipun dapat di-setting sedemikian rupa agar tampilan profil sesuai dengan keinginan kita.
4. Di Facebook orang yang ingin melihat profil dan aktivitas kita lebih jauh harus menjadi teman kita, sedangkan terkadang ada orang-orang yang tidak ingin kita ikuti aktivitasnya dan terpaksa menjadi teman. Sedangkan di Twitter kita bebas follow siapa saja yang memfollow kita tanpa harus balik mengikutinya.
5. Untuk informasi terkini, Twitter lebih dapat diandalkan karena banyak link berita yang dapat dibaca dan selalu update.  Di Twitter juga terdapat Trending Topic, ini membuat kita tidak ketinggalan hal-hal apa saja yang ramai dibicarakan orang-orang di seluruh dunia.
6. Bagi saya pribadi, Twitter lebih nyaman dinikmati di versi mobile-nya. Karena jika versi desktop dengan halaman yang penuh dengan tulisan tidak menarik membacanya. Sebaliknya, Facebook lebih menyenangkan diakses dengan versi desktop karena yang muncul tidak hanya status dan gambar. Tapi juga ada berita dan games.
7. Untuk pesan, Facebook memperbolehkan orang-orang yang belum menjadi teman untuk mengirimkan pesan. Tapi di Twitter, yang dapat mengirimkan pesan ke kita hanya yang di-follow oleh kita.
8. Facebook masih lebih populer dari Twitter karena banyak orang yang sudah nyaman dengan fasilitas yang ada di Facebook dan malas mencoba sesuatu yang baru. Faktor lain juga karena jumlah teman di Facebook lebih banyak dibandingkan di Twitter. Akan tetapi sudah banyak juga yang beralih ke Twitter, terutama yang lebih menyukai privasi.



Perbandingan Instant Messenger: Yahoo Messenger Vs Google Talk
1. Yahoo Messenger (YM) lebih familiar dibandingkan Gtalk dikarenakan YM sudah lebih dulu ada dan digunakan oleh banyak orang.
2. YM memiliki room chat yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan orang-orang di berbagai macam tipe atau tempat sesuai dengan yang diinginkannya. Sedangkan Gtalk tidak memiliki fitur tersebut.
3. Sampai saat ini YM masih lebih diminati karena mudah penggunaannya dibandingkan Gtalk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar